DASA
AKSARA
OM SWASTYASTU OM AWIGHNAM ASTU NAMA
SIDHAM
Semoga tiada halangan.
Ini merupakan wejangan yang teramat
mulia, diceritakan dalam setiap tubuh manusia terdapat hurup – urup yang sangat
disucikan, diceritakan pula bahwa Dewa - dewa dari hurup suci tersebut bersatu
menjadi sang hyang ‘dasa aksara’. Dasa aksara merupakan sepuluh hurup
utama dalam alam ini yang merupakan simbol dari penguasa alam jagat raya dan
sangat erat hubungannya dengan Dewata nawa Sanga. Dari sepuluh hurup bersatu menjadi panca
brahma (lima hurup suci untuk menciptakan dan menghancurkan), panca brahma
menjadi tri aksara(tiga hurup), tri aksara menjadi eka aksara (satu
hurup). Ini hurupnya: “OM”. Bila sudah hafal dengan pengucapan hurup
suci tersebut agar selalu di ingat dan diresapi, karena ini merupakan sumber
dari kekuatan alam semesta yang terletak didalam tubuh kita (bhuana alit)
ataupun dalam jagat raya ini (bhuana agung) .
Begini caranya menyatukan ataupun
menempatkan sang hyang dasa aksara dalam badan ini.
Yang pertama sang hyang sandhi
reka yang terletak dalam badan kita ini. Beliau bertapa-beryoga sehingga
beliau menjelma menjadi sang hyang eka jala resi. Sang hyang eka jala rsi
beryoga muncul sang hyang ketu dan sang hyang rau. Sang hyang rau menciptakan
kala (waktu), kegelapan, niat jahat yang sangat banyak, sedangkan sang hyang
ketu menciptakan tiga aksara yang sangat berguna, diantaranya wreasta
(ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, ma, ga, ba, nga, pa, ja, ya, nya),
beserta swalalita dan modre. Sehingga jumlah hurupnya adalah dua
puluh hurup. Aksara modre bersatu dengan sembilan hurup wreasta yaitu dari ha
–wa, yang kemudian disebut dasa sita. Aksara swalelita, bersatu dengan sembilan
hurup wreasta lainnya yaitu dari la – nya, yang kemudian disebut ‘dasa sila’
dan ‘dasa bayu’. Bertemu ketiga induk dari aksara suci tersebut; dasa
sita, dasa sila, dasa bayu menjadi ‘dasa aksara’.
Kedelapan belas aksara ini dapat dirangkaikan menjadi suatu kalimat untuk memudahkan menghapalkannya, yakni: Hana caraka gata mangaba sawala pada jayanya. Artinya: ada (dua orang) hamba berpengalaman membawa surat, sama perwiranya. Tetapi ada pula yang menulis aksara ini sebagai berikut: Hana caraka dhata sawala pada jayanya magabathanga. Artinya: Ada (dua) prajurit berkelahi, sama saktinya (akhirnya) keduanya menjadi mayat.
Kedelapan belas aksara ini merupakan wreastra, yakni aksara yang tampak dan dapat diajarkan kepada siapa saja. Sedangkan aksara yang tidak tampak yang terdiri atas dua buah aksara disebut swalalita yaitu Ah dan Ang; merupakan aksara yang tidak boleh diajarkan kepada sembarang orang. Kedua aksara swalalita ini dilengkapi dengan pangangge sastra, yaitu kelengkapan aksara berupa ardha-candra berbentuk bulan sabit, windu yang melambangkan matahari berbentuk bulatan dan nada melambangkan bintang yang dilukis sebagai segi tiga. Ketiga pangangge sastra ini sering dipasangkan dengan aksara huruf hidup: a, i, u, e, o sehingga dibaca menjadi: ang, eng, ing, ong, dan ung. Suku kata ini disebut: ang-kara, eng-kara, ing-kara, ong-kara, dan ung-kara. Bentuk seperti ini disebut modre. Kelengkapan ketiga aksara swalalita ini sering dihubungkan dengan kekuatan dan simbol dari dewa, sehingga bentuk windu adalah lambang agni, Dewa Brahma, sama dengan aksara Ang. Bentuk ardha-candra adalah lambang air, Dewa Wisnu sama dengan aksara Ung. Dan bentuk nada adalah lambang udara, Dewa Siwa sama dengan aksara Mang. Ketiga aksara ini jika disatukan akan menjadi Ang-Ung-Mang atau A-U-M yang dibaca Aum atau Om. Di Bali diucapkan Ong. Aksara Ong-kara inilah sumber dari semua aksara, sehingga disebut wija-aksara, aksara yang maha suci, lambang Dewa Trimurti.
Kedudukan kedelapan belas aksara Bali tersebut di dalam tubuh manusia atau bhuana alit adalah sebagai berikut:
- Ha di ubun-ubun
- Na di antara kedua alis
- Ca di dalam kedua mata
- Ra di kedua telinga
- Ka di dalam hidung
- Da di dalam mulut
- Ta di dalam dada
- Sa di tangan (lengan) kanan
- Wa di tangan (lengan) kiri
- La di hidung
- Ma di dalam dada kanan
- Ga di dalam dada kiri
- Ba di pusar
- Nga di dalam alat kelamin
- Pa di dalam pantat (anus)
- Ja di kedua tungkai (kaki)
- Ya di tulang belakang
- Nya di tulang ekor
Kelengkapan atau pangangge aksara mempunyai kedudukan atau tempat pula di dalam tubuh manusia, yakni:
- Ulu di kepala (dalam otak)
- Taling di hidung
- Surang di rambut
- Nania di lengan (tangan)
- Wisah di telinga
- Pepet di batok kepala
- Cecek di lidah
- Guwung di kulit
- Suku di tungkai (kaki)
- Carik di persendian
- Pamada di alur jantung
ini merupakan maksud/arti dari
sastra wreastra, dibaca dari belakang. diantaranya;
- nyaya, berarti sang Hyang Pasupati, tuhan
- japa, berarti sang hyang mantra,
- ngaba, berarti Sang Hyang guna,
- gama, berarti kekal, abadi,
- lawa, berarti manusia
- sata, berarti hewan dan binatang
- daka, berarti pendeta, nabi, orang suci
- raca, berarti tumbuhan
- naha, berarti moksa, nirvana
ini pertemuan sastra yang delapan belas (wreastra) , bertemu ujung dengan pengkalnya menjadi dasa aksara, diantaranya;
- ha – nya menjadi sa
- na – ya menjadi na
- ca – ja menjadi ba
- ra – pa menjadi ma
- ka – nga menjadi ta
- da – ba menjadi si
- ta – ga menjadi a
- sa – ma menjadi wa
- wa – la menjadi i & ya
begini cara menempatkan sang
hyang dasa aksara didalam badan, yang merupakan linggih (stana dewata nawa
Sanga) di dalam tubuh manusia, diantaranya;
- sa ditempatkan di jantung, dewa Iswara.
- ba ditempatkan di hati, dewa Brahma.
- ta ditempatkan di ginjal, dewa Mahadewa.
- a ditempatkan di empedu, dewa Wisnu.
- I ditempatkan di dasar hati, dewa Siwa.
- na ditempatkan di paru - paru, dewa Maheswara.
- ma ditempatkan di usus halus, dewa Rudra.
- si ditempatkan di limpa, dewa Sangkara.
- wa ditempatkan di pancreas, dewa Sambhu.
- ya ditempatkan di ujung hati, Dewa Siwa.
Ada pula yang memberikan ulasan
tentang dasa aksara ini bahwa setiap aksara itu mempunyai arti sendiri-sendiri,
yaitu:
- Sa berarti satu
- Ba berarti bayu
- Ta berarti tatingkah
- A berarti awak
- I berarti idep
- Nama berarti hormat
- Siwa berarti Siwa
- Ya berarti yukti
Dengan pengertian seperti itu, maka arti dari dasa aksara ini adalah orang yang mempunyai tingkah laku dan pikiran (idep) yang luhur saja yang mampu mempergunakan beyu kekuatan dari Siwa. Dengan menyatukan tingkah laku dan pikirannya dia akan mampu mempergunakan dasa bayu untuk kesehjateraan buana alit dan buana agung.
Dasa aksara tersebut terbentuk dari dua jenis aksara suci, yaitu panca tirta dan panca brahma.
yang disebut panca tirta,
adalah sebagai berikut:
- sang sebagai tirta sanjiwani, untuk pangelukatan (membersihkan).
- Bang sebagai tirta kamandalu, untuk pangeleburan (menghancurkan).
- Tang merupakan tirta kundalini, utuk pemunah (menghilangkan).
- Ang merupakan tirta mahatirta, untuk kasidian (agar sakti).
- Ing merupakan tirta pawitra, untuk pangesengan (membakar).
Ini yang dikatakan panca brahma,
berada dalam diri manusia. Ini aksaranya;
- Nang disimpan di suara.
- Mang disimpan di tenaga
- Sing disimpan di hati/perasaan
- Wang disimpan di pikiran
- Yang disimpan di nafas.
Kemudian balikkan hurup
tersebut:
- Yang disimpan di jiwa
- Wang disimpan di guna/aura
- Sing disimpan di pangkal tenggorokan
- Mang disimpan di lidah
- Nang disimpan di mulut
Bila Dasa aksara diringkas, aksara
yang ada di panca tirtha dipasangkan dengan aksara panca brahma akan muncul
Sang Hyang Panca Aksara. Inilah panca aksara tersebut:
Sa + Na menjadi Mang
Ba + Ma menjadi Ang
Ta + Si menjadi Ong
A + Wa menjadi Ung
I + Ya menjadi Yang
panca brahma dan panca tirta diringkas menjadi tri aksara (a, u, ma).
Setelah itu baru turun arda candra (bulan sabit), windu (lingkaran) dan nada (titik). Baru boleh di ucapkan sang, bang, tang, ang, ing, nang, mang, sing, wang, yang.
Jika panca tirtha digabung dengan panca brahma ditambah dengan tri aksara dan eka aksara akan terjadi catur dasa aksara. Catur dasa aksara ini terdiri atas: sa-ba-ta-a-i ditambah na-ma-si-wa-ya, serta digabung dengan ang-ung-mang dan ong-kara yang erat kaitannya dengan catur-dasa-bayu, suatu kekuatan yang ada di dalam buana alit dan buana agung, yang memungkinkan manusia dan dunia hidup dengan wajar.
Ini menyimpan Rwa bhineda
(dua sisi dunia), ini suaranya; Ong Ung.
- Ong di hati putih, ung di hati hitam.
- Ung di empedu, ong di pankreas.
- Ong di dubur, ung di usus.
lafalkan aksara tersebut lalu
letakkan dalam tubuh kita dan alam semesta. Ini rangkuman intisari dari sastra
yang berjumlah lima hurup, yang digunakan untuk memuja tuhan, memanggil,
menghaturkan persembahan, memohon anugrah dari tuhan YME, diantaranya:
- mantra untuk memuja tuhan, Mang Ang Ong Ung Yang.
- mantra untuk memanggil agar tuhan berkenan hadir, Ang Ong Ung Yang Mang
- mantra untuk mempersembahan sesajen jamuan dari kita, Ong Ung Yang Mang Ang
- mantra untuk memohon anugrah dari tuhan YME, Ung Yang Mang Ang Ong
Ini suara inti sari; ekam evam
dwityam Brahman, disebut ONG. Berupa api rwa bhineda Ang, berupa air rwa
bineda Ah.
- dasar mantra antuk tri aksara; Mang Ang Ung
- kemulan mantra; Ang Ung Mang
- pengastiti widhi dewa bethara; Ung Mang Ang
- iki pengeraksa jiwa antuk catur aksara; Mang Ang Ung Ong
- pengundang bhuta dengen antuk kahuripan; Ang Ung Ong Mang
- pemageh bayu ring raga antuk catur resi; Ung Ong Mang Ang
- pangemit bayu antuk catur dewati; Ong Mang Ang Ung
Menurut
Lontar Kanda Pat jika manusia dapat menguasai cara penggunaan pangangge sastra
atau sastra busana, maka dia dianggap telah menguasai ajaran Durga, dewi
kematian yang ada di kuburan.. Seseorang yang mampu mempergunakan wisah, yakni,
huruf h, maka orang tersebut akan mampu melakukan aneluh, membencanai orang
lain. Bila dia mampu mempergunakan aksara wisah dan taling maka dia dapat
melakukan tranjana (ilmu sihir). Kalau dia mampu mempergunakan wisah dan cecek,
maka dia akan dapat melaksanakan hanuju, menunjukkan kekuatannya ke suatu
sasaran yang tepat.
Seseorang yang dapat memanfaatkan
busana sastra wisah, taling, cecek, dan suku sekaligus maka dia dapat menjadi
leak. Dia adalah seorang leak ahli bathin yang amat besar.
Dia mampu mengendalikan semua
kekuatan negatif atau pangiwa yang ada di dunia ini. Untuk mampu menggunakan
aksara pangangge ini yang merupakan gambar dan lambing yang rumit ini perlu
ketekunan dan kemauan keras untuk mempelajarinya. Jika salah mempelajarinya
maka kekuatan aksara ini akan dapat membahayakan jiwa orang yang
mempelajarinya. Tetapi bagi orang yang mampu mempelajarinya dengan baik, maka
orang ini dapat mempergunakan kekuatan aksara ini untuk tujuan baik sehingga
menjadi balian panengen, untuk menyembuhkan orang sakit akibat terkena sihir
balian pangiwa. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai aksara pangangge ini
dapat dibaca di dalam lontar Tutur Karakah Durakah, Panglukuhan Dasaksara,
Tutur Karakah Saraswati, Tutur Bhuwana Mabah, Usada Tiwas Punggung, Usada Netra
dan lainnya lagi.
Setiap aksara apalagi setelah
digabungkan beberapa aksara sehingga menjadi dasa aksara, panca aksara, catur
aksara, tri aksara, dwi aksara, dan eka aksara mempunyai gambar atau lambang
sendiri-sendiri dengan kekuatan bayu atau vayu yang dapat dimanfaatkan untuk
kebaikan dan kesehjateraan umat manusia. Tetapi ada pula orang yang mempelajari
aksara ini dengan tujuan utnuk membuat sakit orang lain, sehingga dia disebut
balian pangiwa. Hal ini tentunya tidak dikehendaki oleh umat manusia.
Demikianlah sastra yang ada di alam
ini yang berada juga didalam tubuh kita. Jagalah kesucian dan keseimbangan dari
hurup suci tersebut. Semoga setelah membaca dan meresapi sastra ini, dunia ini
akan menjadi semakin sejahtera.
Damar Sentir
Om Swastyastu jro dados tyang diskusi driki, mohon petunjuk
BalasHapusmatur suksma
ngiring....kanggyang nambete kalintang....
BalasHapus